Categories
Uncategorized

Genset Listrik 3 Phase dan 1 Phase

Di beberapa toko penjual genset, genset listrik menjadi mesin penghasil arus listrik yang banyak dibeli oleh masyarakat. Hal tersebut dapat terjadi lantaran genset dapat memberikan keuntungan bagi para penggunanya. Berbicara mengenai genset yang berkaitan dengan arus listrik ini, genset dihadirkan menjadi dua jenis phase, yakni genset phase 3 dan genset phase 1. Genset dengan kedua jenis phase ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup jelas. Guna mengetahui perbedaan yang terletak pada genset phase 3 dengan phase 1, simak penjelasannya di bawah ini.

Generator set phase 3 mampu menghasilkan arus listrik yang lebih besar jika dibandingkan dengan genset phase 1. Pada genset listrik  terbaik phase 3, kita dapat menemukan 4 jenis kabel pengeluaran. Kabel pengeluaran tersebut terdiri dari phase R, phase T, phase S dan kabel netral. Pembangkit listrik yang dimiliki oleh genset ini memiliki tiga jenis kumparan yang mampu mengeluarkan tegangan keluaran hingga 380 volt. Sedangkan untuk genset phase 1, genset hanya memiliki 2 buah kabel pengeluaran saja. Kabel pengeluaran pada genset ini merupakan kabel netral dan kabel phase. Untuk kumparannya sendiri, genset dengan phase 1 hanya memiliki satu buah kumparan saja. Untuk tegangan keluaran yang dihasilkan, genset mampu mengeluarkan tegangan hingga 220 volt.

Tegangan keluaran yang dihasilkan oleh kabel netral dan kabel phase pada kedua genset memiliki selisih tegangan sebesar 220 volt. Pada genset tiga phase, tegangan pada kabel netral adalah 0 volt sedangkan tegangan kabel netral pada genset 1 tidak 0 volt. Besar tegangan netral dapat mengalami perubahan tergantung pada besar tegangan yang dihasilkan oleh kabel phase. Nilai cosphi yang dihasilkan oleh genset listrik 1 phase memiliki nilai yang cukup baik, yakni 1. Sedangkan untuk genset phase 3 memiliki nilai cosphi dibawah dari 1. Pada umumnya, besar cosphi pada generator phase 3 adalah 0,8. Dengan besar cosphi tersebut, daya yang dihasilkan oleh generator hanya mampu digunakan sebesar 80 % saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *